Dicari marketing pria - wanita
Gaji + Komisi besar 1 juta s.d 3 juta keatas
Jakarta - Gajah mada Plaza
Sabtu , Minggu juga Bisa
Telp . 021.9140.9440 - rcjakarta@gmail.com
..<< Jual Rumah >>..

Monday 13 October 2008

Percantik Dapur dengan Kitchen Set

DAPUR salah satu bagian terpenting pada rumah. Dekorasi kreatif serta penataan yang apik dapat menjadikan area ini nyaman bagi Anda yang gemar memasak.

Kitchen SetSeberapa sering Anda pergi ke dapur? Apakah Anda adalah pencinta kuliner dan gemar memasak? Apabila jawabannya adalah "ya", berarti dapur merupakan salah satu tempat "sakral" bagi Anda selain kamar tidur. Dapur yang indah dan bersih akan membuat Anda semakin betah melakukan hobi memasak.


Salah satu cara memperindah dapur adalah dengan meletakkan kitchen set sebagai perangkat utama di area ini. Dapur sendiri terbagi menjadi dua, yaitu dapur basah dan dapur kering. Dapur basah adalah dapur yang kerap digunakan untuk memasak, sementara dapur kering biasanya disatukan dengan ruang keluarga atau ruang makan. Ruangan ini kerap dilengkapi perlengkapan dapur modern seperti kitchen set, misalnya. Dapur kering atau pantry digunakan untuk menyimpan atau meletakkan perangkat dapur yang bersih seperti piring, gelas, tatakan meja, sendok, garpu, dan perangkat berat seperti rice cooker ataupun kulkas.

Bagaimana jika kita ingin dapur memiliki kitchen set? Apa saja yang diperlukan dan harus disiapkan sebelumnya?

Menurut desainer interior Jusuf Nurima, yang paling pertama harus direncanakan adalah fungsinya karena fungsi menentukan detail yang akan dibuat dan itu berlanjut ke perencanaan biaya. Berapa budget yang Anda miliki? Dari situlah perhitungan akan meluncur, terutama soal bahan yang ingin digunakan untuk kitchen set tersebut dan berapa banyak detailnya. Yang ketiga adalah luas dapur yang ingin digunakan. Apakah dapurnya cukup luas, sangat luas, atau malah kecil sekali? Jangan sampai Anda salah membeli kitchen set yang justru akan membuat dapur kelihatan sesak atau sumpek.

Jusuf menambahkan, yang perlu dipertimbangkan juga, apakah Anda ingin membeli kitchen set yang sudah jadi atau mendesainnya sendiri? Apabila Anda ingin membeli yang jadi, tentu harganya sudah dipatok dan biasanya sedikit mahal dibanding mendesain sendiri. Bila mendesain sendiri, Anda bisa memilih segala sesuatunya mulai material, lapisan, cat, detail, dan lain-lain.

Material yang dapat digunakan untuk membuat kitchen set cukup beragam, yakni kayu, stainless steel, atau batu granit. Harganya pun beragam, tergantung jenisnya. Bila menggunakan kayu biasa, maka dana dapat ditekan. Namun, bila Anda ingin kualitas terbaik, seperti kayu jati, maka Anda harus siap mengeluarkan uang lebih. Begitu pun dengan batu granit yang cantik dan stainless steel. Semakin bagus jenisnya, semakin mahal pula harganya.

Hal lain yang penting diperhatikan adalah penggunaan lapisan kitchen set. Ada banyak macam lapisan yang dapat digunakan, misalnya laminet system, melamic, atau MDF (Medium Dencity Fiberboard). Menurut Rico yang memiliki usaha pembuatan kitchen set, masih ada jenis lapisan lain yang sering digunakan, seperti takon, yaitu sejenis tempelan yang membuat permukaan kitchen set jadi terlihat halus, atau sungke yaitu sejenis serat.

Lalu konsep seperti apa yang bagus untuk kitchen set? Menurut Rico, konsep minimalis masih tetap menjadi favorit karena tidak lekang oleh waktu sehingga bisa menjadi investasi yang smart. Model ukiran atau etnik sudah tidak terlalu dilirik masyarakat Indonesia.

Namun yang menarik, menurut Rico, di luar negeri orang asing justru sedang menggemari kitchen set berdetail ukiran yang identik berasal dari Jepara. Sementara menurut Jusuf, selain minimalis, konsep klasik juga masih memiliki penggemar.
Konsep klasik ini sendiri terbagi tiga, yaitu semiklasik, neoklasik, dan sangat klasik.

Nah, sekarang tinggal Anda yang membuat keputusan. Konsep mana yang menarik hati Anda? Dengan perencanaan yang matang, Anda dapat memiliki kitchen set cantik di dapur.
(sindo//tty)

No comments:

Other :

Topic Relation
Digg!
Custom Search

Informasi jual beli

R.Design: Charm Skins