Dicari marketing pria - wanita
Gaji + Komisi besar 1 juta s.d 3 juta keatas
Jakarta - Gajah mada Plaza
Sabtu , Minggu juga Bisa
Telp . 021.9140.9440 - rcjakarta@gmail.com
..<< Jual Rumah >>..

Tuesday 23 September 2008

Feng Shui untuk Rumah Mungil

RUMAH mungil dengan keharmonisan di dalamnya adalah dambaan setiap keluarga. Sebenarnya kita pun dapat menciptakan keharmonisan rumah tangga dengan memperhatikan unsur feng shui (ilmu tentang keselarasan angin dan air) walaupun rumah kita tergolong mungil.

Untuk mewujudkan hal tersebut ada baiknya kita memperhatikan beberapa hal yang tampak sederhana berikut ini.


Pertama, mari kita berbicara dari aspek kecil lebih dulu yakni pintu. Pintu utama yang baik adalah jika kita dari dalam rumah membuka pintu, pandangan kita tidak terhalang oleh sesuatu, seperti pohon atau tiang listrik yang besar.

Mengapa demikian? Inilah yang kerap menjadi bahan perdebatan banyak kalangan, termasuk para pemerhati feng shui. Jika di depan pintu utama rumah terdapat sesuatu yang menghalangi seperti pohon, maka bila dilihat dari sudut feng shui, bisa diasumsikan aliran rezeki yang hendak masuk ke rumah terhalang. Aral inilah yang kerap diperkirakan pemerhati feng shui sebagai "halangan", dan apa yang seharusnya kita terima, tidak tiba di tempat dengan mulus.

Oleh karena itu, timbul pendapat, jika di depan pintu masuk terdapat pohon yang cukup besar ada baiknya pohon tersebut dipindahkan atau ditebang. Jika pintu masuk berhadapan langsung dengan tiang listrik yang besar, maka cara menyiasatinya adalah dengan mengganti posisi pintu di sebelah samping. Namun, manakala hal tersebut sulit dilakukan, sejumlah warga kerap menyiasatinya dengan beberapa tindakan, yang sejalan dengan ilmu angin dan air tersebut. Ada yang meletakkan cermin kecil pada tembok di atas pintu utama.

Langkah berikutnya, memperhatikan beberapa hal yang berhubungan dengan pintu masuk. Pintu atau jalan masuk ke ruang dalam rumah hendaknya tidak meliuk-liuk. Ini, dari sudut pandang feng shui, untuk memudahkan rezeki langsung sampai ke tangan dengan cepat.

Beberapa warga menyiasati pandangan ini dengan dengan penataan kursi dan meja tamu sedemikian rupa sehingga akses dari luar ke dalam tidak mengalami hambatan. Ini juga sangat praktis jika kedatangan tamu maka pembicaraan dengan tamu tersebut tidak terganggu karena ada orang lain yang masuk.

Aspek lain yang perlu diperhatikan adalah, hindari pintu depan yang tembus dengan pintu belakang secara langsung. Dilihat dari segi feng shui, pintu depan yang secara langsung berhadapan dengan pintu belakang akan mengakibatkan kerugian secara materiil. Uang yang masuk biasanya langsung keluar. Untuk menyiasatinya letakkan partisi, bisa berupa lemari atau penyekat lainnya, sehingga jika dilihat dari depan maupun belakang pintu tersebut terkesan tidak tembus.

Hindari pula adanya pintu yang berjajar tiga. Jika terdapat kamar dengan pintu berjajar tiga, sebaiknya salah satu kamar tersebut pintunya dibuka dan dialihfungsikan menjadi ruang lain, misalnya tempat seterika atau bisa juga untuk kamar belajar, dan sebagainya.

Ada sebagian warga yang percaya bahwa pintu yang berjajar tiga berdampak negatif bagi pemilik rumah, terutama penghuni kamar tengah. Hal ini diibaratkan seperti orang yang memikul beban berat sehingga kesehatan bisa terganggu.

UNTUK ruang tidur, sebaiknya penempatan tempat tidur tidak langsung berhadapan dengan pintu. Sebaiknya pula, hindari adanya kaca yang langsung berhadapan dengan tempat tidur. Posisi tidur pun sebaiknya sejajar dengan jalan di depan rumah.

Hindari lampu yang langsung di atas tempat tidur, secara feng shui itu akan mengganggu kesehatan. Jika Anda meragukan hal ini, mari mengambil logika sederhana saja. Bagaimana jika tiba-tiba lampu tersebut pecah dan mengenai badan pada saat tidur?

Jadi, untuk tempat tidur tatalah senyaman mungkin karena ini akan mempengaruhi kita mengumpulkan stamina setelah seharian bekerja sehingga pada saat bangun tidur siap dengan stamina prima untuk memulai aktivitas baru.

Masih dari sudut pandang feng shui maka ruang yang paling penting dari sebuah rumah adalah dapur. Dapur adalah sumber dari kehidupan, di mana makanan dan minuman diproses di sini. Kita memasak nasi dan menjerang air di ruangan ini. Untuk itu sebaiknya dapur dijaga kebersihannya. Demikian pula dengan ventilasi udara dan penerangan, sebaiknya diperhatikan, agar energi yang masuk ke tubuh kita (melalui makanan dan minuman) adalah energi yang bersih, tidak terkontaminasi.

Buatlah dapur senyaman mungkin. Peletakan kompor yang baik tidak langsung berhadapan dengan pintu, hal ini untuk menghindari hangusnya "hawa baik".

Banyak orang yang mempermasalahkan posisi kompor. Jika kita memasak, maka posisi yang baik adalah pada saat kita "menyerok" posisi serokan arahnya tidak "keluar", secara feng shui supaya rezeki tidak "keluar" juga. Dan sebaiknya hindari peletakan tong air di sebelah kompor, secara feng shui api berlawanan dengan air, hal ini untuk menjaga agar "api tetap menyala" sehingga proses kehidupan tetap berjalan.

Yang juga perlu diperhatikan dari dapur adalah, jika rumah bertingkat, maka ruang di atas dapur sebaiknya bukan kamar mandi atau kamar tidur. Jika ruang di atas dapur adalah kamar tidur, dikhawatirkan penghuni kamar tersebut gampang sakit (terbakar). Pada sisi lain, manakala ruang di atas dapur adalah kamar mandi maka dikhawatirkan energi negatif akan turun ke dapur.

Untuk menyiasati ruang makan, kita bisa meletakkan cermin yang menghadap meja makan. Hal ini untuk menggandakan nasi atau rezeki sehingga rezeki kita akan berlipat ganda.

Untuk penataan kamar mandi, yang perlu dicermati adalah posisi kloset. Sebaiknya posisi kloset adalah sejajar dengan jalan di depan rumah, tidak berhadapan atau membelakangi jalan di depan rumah. Secara feng shui, hal ini agar rejeki yang masuk ke rumah kita tidak langsung dibuang.Sebaiknya penggunaan tangga putar dihindari, namun bila terpaksa buatlah penyangga di bawahnya sedemikian rupa sehingga anak tangga tidak bertumpu pada satu tiang. Hal ini untuk menyiasati agar sumber rezeki tidak bertumpu pada satu sumber atau dengan kata lain, peluang untuk mencari nafkah masih terbuka jika terjadi sesuatu pada pekerjaan.

Jika suasana rumah tangga kurang harmonis, sebaiknya menempatkan tanaman kecil di dalam rumah, seperti suplir. Suplir dipercaya membantu keharmonisan rumah tangga. Tempatkan suplir pada area ruang makan dan bagian belakang teras belakang.

Teguh Senoadji Pemerhati feng shui

No comments:

Other :

Topic Relation
Digg!
Custom Search

Informasi jual beli

R.Design: Charm Skins