Dicari marketing pria - wanita
Gaji + Komisi besar 1 juta s.d 3 juta keatas
Jakarta - Gajah mada Plaza
Sabtu , Minggu juga Bisa
Telp . 021.9140.9440 - rcjakarta@gmail.com
..<< Jual Rumah >>..

Monday 8 September 2008

Ruko Makin Diminati Desain Lebih Modern

BAGI sebagian kalangan, keberadaan rumah toko (ruko) bukan semata dijadikan sebagai tempat beraktivitas bisnis. Namun, juga dijadikan sebagai pusat lifestyle sebuah kawasan permukiman.

Karena itu, ruko yang dibangun sejumlah pengembang saat ini kerap mengarah pada desain futuristik. Para pengembang memiliki keyakinan, ruko yang dikembangkan membawa dampak positif bagi kawasan permukimannya. Mulai menghidupkan kawasan permukiman hingga meningkatkan nilai jual. Karena itu, tidak sedikit pengembang yang kurang puas bila hanya membangun mal di dalam kawasan permukimannya.


Salah satu pengembang yang membangun ruko dalam proyek permukimannya adalah PT Intiland Development Tbk. Menurut sekretaris perusahaan PT Intiland Development Tbk Theresia Rustandi, pihaknya tengah mengembangkan ruko di Taman Semanan Indah (TSI). Kawasan permukiman yang terletak di Rawa Buaya Jakarta Barat, itu, membangun kawasan ruko terpadu yang bernama Le Crystal Maisonette. Ruko tersebut dibangun seluas 1.440 meter persegi dan terletak di dalam kompleks perumahan, tepatnya di blok G3. "Di kompleks tersebut dibangun 15 unit ruko yang dilengkapi dengan fasilitas untuk parkir kendaraan," tuturnya.

Dia menyebutkan, di TSI tidak tersedia mal atau plaza, tetapi perseroan mengembangkan kawasan komersial yang dinamakan Plaza de Lumina. Sebuah kawasan komersial modern berkonsep pertokoan dan perkantoran (kokan) tiga lantai yang dirancang dengan perpaduan antara lokasi dan desain modern yang penuh estetika dan suasana menyenangkan. Pusat komersial ini berada dan menghadap ke Jakarta Outer Ring Road (JORR).

Dia menilai, pengembangan pusat perbelanjaan semacam mal atau plaza kurang sesuai untuk kompleks perumahan yang dihuni sekitar 3.200 kepala keluarga itu. Namun, keberadaan Ruko dan Kokan bisa saling melengkapi dengan lokasi dan konsep sedikit berbeda. Le Crystal Maisonette terdapat 15 unit ruko yang terdiri atas dua tipe berbeda, yakni dua dan tiga lantai.
Tipe dua lantai memiliki ukuran 4x14 meter dengan luas total mencapai 66 meter persegi, harganya mencapai Rp530 juta. Sementara tipe tiga lantai memiliki luas 119 meter persegi, dan dipasarkan seharga Rp680 juta.

Kawasan ruko yang dikembangkan Intiland menggunakan konsep minimalis modern. Selain tengah menjadi tren, konsep tersebut menawarkan sejumlah nilai lebih dari sisi tampilan, kesederhanaan, dan keindahannya. "Le Crystal Maisonette didesain dengan ornamen dengan dominasi batu alam dan kayu sehingga lebih terkesan sebagai butik. Hal ini menyebabkan pemilik ruko akan merasakan suatu lingkungan usaha yang sehangat rumah tinggal," paparnya.

Dia menambahkan, keberadaan ruko tentu bisa mendukung dan memengaruhi gaya hidup masyarakat. Namun demikian, hal tersebut tidak ditentukan semata-mata ada atau tidaknya kompleks ruko. Namun, juga konsep dan penggunaan ruko tersebut, serta kebutuhan dan gaya hidup yang dianut masyarakat di kawasan tersebut.

Masih dari kawasan Jakarta Barat, perumahan Citra Garden City juga membangun ruko di dalam kawasan huniannya. Menurut Deputi General Manager Citra Garden City Yusanto, ruko yang dibangun ada dua jenis, yaitu area ruko dalam lingkungan tertutup dan area ruko di pinggir jalan. Letak ruko-ruko tersebut di Circle West - Citra 6. "Ada kebutuhan untuk warga dan untuk menciptakan keramaian sehingga lingkungan perumahan menjadi lebih hidup," sebutnya.

Untuk keperluan penataan lingkungan, pengelola perumahan Citra 6 mengambil kebijakan membatasi komoditas yang diperjualbelikan di area ruko. Hal itu dimaksudkan agar penataan lingkungan menjadi lebih teratur. Beberapa komoditas yang tidak diberikan izin adalah, industri rumah, bengkel Las, dan bengkel motor atau mobil.

Dia menerangkan, ruko Circle West-Citra 6 memiliki standar luas bangunan 99 meter persegi, tanah 60 meter persegi, dan harga Rp645.000. Ruko yang dikembangkan bisa menunjang gaya hidup penghuni. Ini karena beberapa ruko digunakan untuk resto-kafe. Hal itu memungkinkan karena tersedia area terbuka yang teduh dan konsep tertentu. "Selain itu ruko bisa menjadi ajang komunitas yang dikelola dengan baik," katanya.

Sementara, Advertising & Promotion Manager PT Modernland Realty Tbk Gunawan Setyo Hadi mengatakan, pihaknya tengah memasarkan ruko yang diberi nama The Modern Golf Shophouses. Ruko ini dibangun di atas lahan seluas 0,5 hektare dengan unit terbatas, yakni 22 unit dengan harga jual mulai dari Rp900 jutaan. "Ruko ini terdiri atas 3,5 lantai dan 4 lantai dengan ukuran 5x14 meter persegi ini dijual dengan harga terjangkau yakni mulai Rp900 jutaan," katanya.

Dia menjelaskan, keberadaan The Modern Golf Shophouses sangat mendukung gaya hidup di Kota Modern, Tangerang, yang sedang dikembangkan. Salah satunya terbukti dari beberapa pembeli The Modern Golf Shophouses yang berencana membuka usaha untuk kafe, fitnes, dan lain sebagainya.

Konsep bangunan The Modern Golf Shophouses yang futuristik diyakini menjadi alasan khusus bagi masyarakat untuk membuka bisnis yang bersifat lifestyle. Apalagi pada saat awal dipasarkan, Kota Modern telah membuat peruntukan The Modern Golf Shophouses pada kegiatan bisnis yang bersifat gaya hidup.

Dengan adanya The Modern Golf Shophouses, dia menyebutkan, kehidupan di Kota Modern akan semakin hidup. Padahal, pada saat ini Kota Modern sudah membangun mal. Bahkan, bisa dikatakan sebagai yang terbesar di Kota Tangerang yaitu Metropolis Town Square.

"Sebagai tambahan fasilitas komersial di perumahan Kota Modern, maka dibangunlah ruko The Modern Golf Shophouses. Selain itu bertambahnya populasi juga berdampak positif pada kegiatan bisnis atau usaha di Kota Modern," tuturnya.

Terkait dengan itu pula, dalam waktu dekat, pihaknya juga akan mengembangkan kawasan "Alfresco Dining". Konsep ini benar-benar untuk memenuhi kebutuhan lifestyle penghuninya. Bahkan, pihaknya merencanakan menyeleksi tenant yang akan masuk agar keberadaannya benar-benar bisa mendukung gaya hidup dan diharapkan akan menjadi ikon lifestyle di Kota Modern.

Gunawan menambahkan, The Modern Golf Shophouses merupakan tempat usaha yang menjanjikan keuntungan besar. Berbagai kelebihan dimiliki The Modern Golf Shophouses, antara lain berada di dalam kawasan perumahan Kota Modern seluas 470 hektare yang saat ini sudah dihuni sebanyak 3.000 kepala keluarga (KK). Lokasinya sangat strategis.

Dekat dengan segala fasilitas kota besar dan akses yang "supercepat" ke tempat kerja ataupun ke kota lain. Juga dekat dengan gerbang tol Jakarta- Merak, hanya 10 menit ke Bandara Soekarno-Hatta, bebas macet juga bebas banjir.
(sindo//tty)

Kayu jati tak lekang oleh waktu
Hunian nyaman pasangan muda
Tidur dan fengshui
Feng shui bukanlah mistik

No comments:

Other :

Topic Relation
Digg!
Custom Search

Informasi jual beli

R.Design: Charm Skins