Dicari marketing pria - wanita
Gaji + Komisi besar 1 juta s.d 3 juta keatas
Jakarta - Gajah mada Plaza
Sabtu , Minggu juga Bisa
Telp . 021.9140.9440 - rcjakarta@gmail.com
..<< Jual Rumah >>..

Monday 8 September 2008

Memberi Sentuhan Personal pada Ruangan

BANYAK masalah yang timbul saat pindah ke rumah second. Salah satunya desain yang kurang sesuai dengan keinginan kita. Apa yang harus Anda lakukan?

Setelah rumah Anda dibangun ataupun menempati rumah baru di kawasan perumahan, Anda tidak harus serta-merta menggunakan ruang yang ada sesuai dengan peruntukannya. Sering kali kita memiliki keinginan untuk memanfaatkan ruang dengan fungsi yang berbeda dari yang kita rencanakan.


Anda dapat berimprovisasi dan berkreasi untuk mendesain dan memanfaatkan ruang tersebut sesuai kebutuhan keluarga. Dengan begitu, ruang bisa lebih berfungsi secara maksimal. Anda dapat mengubah kamar anak menjadi ruang baca ataupun perpustakaan jika Anda tidak memiliki anak. Atau bisa juga membuat ruang kerja dan studio di garasi jika ingin membuka usaha di rumah. Mengubah gudang ataupun loteng di studio sebagai ruang baca dan perpustakaan pun boleh dilakukan jika hal itu memang menjadi kebutuhan keluarga kita.

Jadi, Anda dapat mengubah peruntukan ruang-ruang yang ada dengan dialihfungsikannya agar lebih sesuai dengan kebutuhan kita. Perubahan fungsi ruang juga perlu didukung oleh sentuhan seni supaya lebih bersifat personal dan memberikan rasa nyaman kepada pemakainya.

Berikut ini ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk memberikan cita rasa pribadi dalam ruangan:

Menciptakan focal point dalam sebuah ruangan, sehingga ada satu titik utama saat Anda atau orang lain masuk ke dalam ruangan tersebut dan menjadikannya pusat perhatian.

Meletakkan meja credenza, console ataupun drawer yang dipadukan dengan lampu meja, artwork maupun vas bunga. Kemudian di bagian dindingnya dapat kita gantungkan cermin, lukisan, ataupun foto-foto kecil keluarga kita.

Aksesori. Mengatur peletakan barang pajangan pada lemari hias atau lemari TV berikut rak-raknya dengan aksesori yang beragam seperti tanaman hias, buku, vas, tempat lilin,gambar atau foto, dan lain-lain.

Letakkan artwork milik Anda dan aturlah di sekitar furnitur maupun dimasukkan ke dalam furnitur (tentunya tergantung besar dan ukuran furnitur Anda) yang bisa dikombinasikan dengan beragam cara pengaturan proporsi, simetri, dan keseimbangan/balance. Untuk menciptakan kesan luas dan lapang, Anda dapat mengecat warna plafon dengan warna putih dan meletakkan cermin, baik sebagai pajangan maupun sebagai dinding buatan.

Gunakan pengaturan layout ruangan yang tidak standar. Sistem diagonal maupun bentuk V untuk ruang keluarga akan membentuk ruangan yang tidak standar dan lebih personal. Hal ini perlu disesuaikan dengan proporsi ruangan.

Tambahan furnitur. Berikan tambahan di sekitar barang- barang tetap di rumah Anda seperti sofa dan meja tamu. Anda dapat meletakkan ottoman (kursi kecil di depan kursi duduk), menambahkan karpet yang diberi aksen, menambah lampu duduk atau lampu berdiri maupun aksesori lain. Cari kotak atau peti bekas yang masih layak dipakai untuk dapat dicat ulang dan diberi sentuhan pribadi. Kita dapat memakainya sebagai meja lampu ataupun meja kecil di pojok ruangan. Tutupi dengan taplak atau alasi dengan kaca agar dapat menyatu dengan ruang lain. Agar lebih bagus, Anda dapat menutupi atau melapisinya dengan kain, kulit, atau anyaman yang direkatkan dengan lem. Hal ini akan lebih menyingkat waktu dan mudah dilakukan.

Rak-rak di bawah jendela dapat dipakai juga untuk meletakkan hiasan atau menyimpan buku. Lebih baik lagi jika dapat dipakai sebagai kursi atau alas duduk (jika ruangan Anda memang sempit), terutama dipakai untuk ruang tidur. Alternatif peletakan lainnya adalah di samping jendela dapat pula ditaruh lemari atau rak kecil di pojok ruangan.

Anda juga dapat meletakkan barang kreasi buatan sendiri dalam ruangan Anda, seperti lukisan yang Anda lukis sendiri atau tempat menyimpan payung yang Anda cat ulang. Tempat pensil atau tempat sampah yang diberi warna-warni maupun motif-motif yang sesuai dengan kesukaan Anda. Anyaman atau rajutan sulaman kreasi Anda atau orangtua juga dapat dipajang. Tentunya setelah diberi bingkai yang disesuaikan dengan tema ruangan Anda. Untuk gorden atau tirai, Anda dapat membuat penggantung atau kainnya menggunakan warna-warna kesukaan Anda yang disesuaikan dengan tema ruangan. Pemilihan sistem penutup maupun penggantung yang digunakan akan lebih memberi sentuhan personal ruangan Anda.

Membuat display. Anda dapat membuat kotak display pada dinding yang diberi lampu di atasnya guna memajang koleksi Anda. Kumpulkan koleksi barang-barang atau mainan Anda yang kecil-kecil dan masukkan ke dalam kotak pajangan, misalnya koleksi boneka kain/kertas dan koleksi cenderamata dari daerah ataupun luar negeri. Jangan terlalu penuh barang di dalamnya karena akan berkesan semrawut dan tidak rapi. Cukup sekitar tiga sampai lima item saja agar barang yang ditampilkan lebih menonjol.

Tinjau ulang isi ruangan Anda maupun aksesorinya. Pikirkan dan carilah barang yang unik, kira-kira yang tidak menarik perhatian dan tidak digunakan sesuai peruntukannya. Anda dapat meletakkan barang itu di ruang keluarga agar lebih bermanfaat.
(sindo//tty)

No comments:

Other :

Topic Relation
Digg!
Custom Search

Informasi jual beli

R.Design: Charm Skins